Minggu, 23 Maret 2014

Dias Puja Prayoga Male Indonesia diaspuja03@gmail.com
        1.      IBD Sebagai MKDU 
     
    Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.
    Pokok-pokok dari lahirnya IBD sebagai MKDU adalah :
1. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai.
2. Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral dalam menyikapi masalah.
4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan masyarakat.

          2.      PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu merupakan serangkaian pengetahuan atau wawasan yang dibutuhkan oleh seluruh manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Kebudayaan adalah segala tindakan yang harus dibiasakan oleh manusia dengan belajar, sedangkan budaya merupakan budi dan daya, yang berupa cipta, karsa, dan rasa. Dari dua hal diatas pada dasarnya ilmu budaya dasar berasal dari istilah bahsa inggris “The Humanities”. Istilah ini berasal dari bahasa latin yaitu “humanius” yang diartikan yaitu manusia, berbudaya, dan halus.      Sehingga secara garis besar dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang keterkaitan antara manusia dengan kebudayaan serta pengkajian masalah-masalah manusia dan kebudayaannya.
 Menurut Prof. Dr. Hasya Bachtiar, pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Dengan kata lain, ilmu budaya dasar memiliki konsep-konsep yang dikembangkan melalui wawasan, pemikiran, dan kepekaan dalam mengkaji masalah antar manusia dan kebudayaannya.

3. TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
 Penyajian  mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain merupakan  usaha yang diharapkan dapat  memberikan pengetahuan   dasar  dan  pengertian  umum  tentang  konsep-konsep   yang dikembangkan  untuk mengkaji masalah-masalah  manusia dan kebudayaan.  Dengan demikian jelaslah  bahwa  mata kuliah  llmu Budaya  Dasar tidak dimaksudkan  untuk mendidik  ahli-ahli dalarn salah satu bidang keahlian yang tennasuk didalarn pengetahuan budaya (the humanities). akan  tetapi   ilmu  budaya   dasar  semata-mata sebagai  salah  satu  usaha mcngembangkan kepribadian   mahasiswa   dengan  eara  memperluas  wawasan pernikiran   serta  kemampuan kritikalnya  ternadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut  orang lain dan alam sekitarnya, maupun  yang menyangkut  dirinya  sendiri. Untuk  bisa  menjangkau  tujuan  tersebut  Ilmu Budaya  Dasar  diharapkan  dapat  :
·     Mengusahakan   penajarnan  kepekaan  mahasiswa  terhadap  lingkungan  budaya,  sehingga mereka lebih  mudah  menyesuaikan  diri dengan  lingkungan  yang bam,  terutarna  untuk kepentingan profesi  mereka
·         Memberi  kesempatan   pada  mahasiswa   untuk  memperluas   pandangan   mereka  tentang masalah kemanusiaan   dan  budaya  serta mengembangkan   daya  kritis  mereka  terhadap persoalan-persoalan   yang menyangkut  kedua  hal tersebut.
·         Mengusahakan   agar mahasiswa,  sebagai  ealon  pemimpin  bangsa  dan  negara  serta  ahli dalam  bidang  disiplin  masing-masing,   tidak jatuh  ke dalam  sifat-sifat  kedaerahan   dan pengkotakan  disiplin  yang ketal. Usaha ini terjadi karena  ruang lingkup  pendidikan  kita arnat sempit  dan condong  membuat  manusia  spesialis  yang berpandangan   kurang  luas. kedaerahan  dan  pengkotakan  disiplin  ilmu yang ketal.
·         Mengusahakan  wahana komunikasi  para akademisi  agar mereka  lebih mampu  berdialog satu sarna lain. Dengan memilki  satu bekal yang sarna, para akademisi  diharapkan  akan lebih  lancar  dalarn berkomunikasi.

          4.      Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Berdasarkan dari definisi mengenai IBD yang telah dijalaskan dalam bagian sebelumnya, terdapat beberapa aspek yang terkandung di dalamnya. Aspek-aspek tersebut adalah :
Aspek kehidupan yang intinya menangani dan mengungkapkan masalah kemanusiaan dan kebudayan dengan pendekatan pengetahuan budaya (The Humanities), dari berbagai macam segi disiplin ilmu kebudayaan atau keahlian maupun ilmu-ilmu gabungan.
Hakekat manusia yang satu (universal), namun banyak perbedaan- perbedaan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Keanekaragaman tersebut terbentuk akibat adanya perbedaan ruang, tempat, waktu, proses adaptasi, keadaan sosial budaya, lingkungan alam, dimana terwujud dalam berbagai bentuk ekspresi seperti: ungkapan, pikiran, dan perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.
Melihat dari kedua masalah diatas, keduanya merupakan inti masalah pokok yang dibahas dalam mata kuliah IBD. Pengkajian manusia menjadi objek utama dalam mata kuliah ini.  Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai moral dan bagaimana pula hubungan manusia dengan Tuhan menjadi tema sentral dalam Ilmu Budaya Dasar.
Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah :
-              Manusia dan cinta kasih
-              Manusia dan keindahan
-              Manusia dan penderitaan
-              Manusia dan keadilan
-              Manusia dan pandangan hidup
-              Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
-              Manusia dan kegelisahan
-              Manusia dan harapan.

Kedelapan pokok bahasan itu termasuk dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya. Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam karya sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya. Masing-masing pokok bahasan dapat didekati dengan baik menggunakan cabang-cabang pengetahuan budaya secara sendiri-sendiri maupun secara gabungan cabang-cabang tersebut. Pokok bahasan manusia dan cinta kasih misalnya, dapat didekati dengan menggunakan karya seni sastra, atau filsafat atau seni tari dan sebaginya. Disamping itu pokok bahasan manusia dan cinta kasih juga dapat didekati dengan menggunakan gabungan karya seni sastra, karya seni tari, atau filsafat dan sebagainya. 



0 comments:

Posting Komentar

Tombol Follow

Twitter

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
spell to my name : di, ai, ei, es, Dias
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts