Jumat, 11 Oktober 2013

Dias Puja Prayoga Male Indonesia diaspuja03@gmail.com
Kenyataan - Kenyataan Sosial dan Masalah - Masalah Sosial
yang ada di Dalam Masyarakat.

          Masalah social adalah suatu kondisi yng dinyatakan oleh suatu entitas yang berpengaruh mengancam nilai suatu masyarakat sehingga mengakibatkan sebagian besar masyarakat dan kondisi itu diharapkan dapat diatas melalu kegiatan bersama yang dilakukan. Entitas merupa pembicaraan umum atau menjadi topic ulasan utama pada media massa atau cetak.
            Jadi yang memutuskan sesuatu itu merupakan masalah social atau tidak, adalah masyarakat yang kemudian bersosialisasi melalui suatu entitas. Dan tingkat parahnya masalah social tersebut dapat diukur dengan membandingkan antara sesuatu yang ideal dengan realitas yang ada (Coleman dan Cresey, 1987).
            Untuk memudahkan mengamatai masalah social, stark (1975) membagi maslaah social menjadi 3 macam, yaitu:
  • Konflik dan kesenjangan : Kemiskian, konflik antar kelompok, pemerkosaan, dan masalah lingkungan.
  •  Perilaku yang menyimpang : Kecanduan obat terlarang, kejahatan, dan salahnya pergaulan.
  •  Perkembangan manusia : Masalah keluarga, kependudukan (seperti Urbanisasi), dan kesehatan seksual.

Sedangkan masalah adalah kesenjangan antara mimpi dan realita, adalah pencapaian yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Tetapi, masalah social adalah sesuatu ketidaksesuaian antara unsur budaya ataupun di masyarakat, yang dapat membahayakan kehidupan kelompok social lainnya.
Masalah social dapat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti :
-          Faktor Biologis
Faktor yang menular kepada suatu individu yang dilakukan oleh kelompok tertentu.
-          Faktor Psikologis
Sudah sangat banyak sekali ajaran yang beredar didunia ini, khususnya di Indonesia. Banyak sekali ajaran yang tidak sesuai dengan peradaban manusia untuk berfikir tidak rasional.
-          Faktor Budaya
Kenakalan remaja meruapakan salah satu contohnya. Misalnya disaat ada jam Sekolah/Kuliah mereka malah berasyik-asyikan untuk bermain game, dan nongkrong dengan teman-temannya ketimbang belajar.
-          Faktor Ekonomi
Faktor yang terakhir ini juga dapat memperangaruhi masalah social yang berada di masyarakat, oleh karena itu dimasa sekarang banyak tenaga kerja dipekerjakan dengan hanya system kontrak saja.

Ini merupakan contoh dari masalah social :
  1. Penggunaan Narkoba : contoh masalah social pemakaian narkoba sudah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi. Khususnya pada anak remaja yang nantinya akan menjadi tumpuan orang tua meraka dan anak yang sukses. Namun mereka dengan mudahnya terjerumus kedalam lembah hitam Narkoba yang sangat menakutkan.
  2. Pergualan Bebas : pada masa sekarang, jati diri remaja di negeri ini berapa pada tahap yang mengkhawatirkan. Karena sebagian mereka suka mengikuti budaya-budaya asing yang masuk tanpa mempertibangkan kembali untuk baik atau buruknya. Misalnya adalah seks bebas adalah salah satu kehancuran untuk diri sendiri yang tidak baik untuk dicontoh oleh anak muda zaman sekarang.
  3. Aliran Sesat : Banyak sekali aliran sesat yang bermunculan di negiri ini yang membuat keamanan masyarkat tergoyah, khususnya bagi yang beragama islam. Misalnya, membiarkan aliran sesatu yang tetap tersebar yang dapat menggoyang iman suatu muslim.


Dari semua contoh yang berada diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kita harus bisa mengendalikan diri sendiri agar dapat menjadi yang terbaik bagi orang tua, ataupun Negara ini. Sebagai mana manusia seharusnya, kita juga harus berpintar-pintar dalam bergaul dengan teman, harus mencari yang benar, bukan mencari yang untuk menyesatkan. Terlebih lagi kita juga harus mengontrol faktor-faktor yang berada di sekitar kita, agar kita tidak mudah terpengaruh dengan adanya faktor yang buruk disekitar kita.

Sumber Referensi :

0 comments:

Posting Komentar

Tombol Follow

Twitter

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
spell to my name : di, ai, ei, es, Dias
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts