Rabu, 05 April 2017

Dias Puja Prayoga Male Indonesia diaspuja03@gmail.com
CLOUD COMPUTING

Nama : Dias Puja Prayoga
Kelas : 4IA13
NPM : 52413404

Apa itu Cloud Computing ?
Cloud Computing merupakan gabungan antara teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Istilah Cloud Computing digunakan untuk menyelesaikan suatu proses atau perhitungan melalui internet, dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh suatu kumpulan komputer yang saling terhubung.
5 Karakteristik Cloud Computing :
1.      Resource Pooling
Sumber daya komputasi yang dikumpulkan oleh penyedia layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan model multi-tenant.
2.      Broad Network Access
Kapabilitas dari suatu layanan cloud provider yang tersedia lewat jaringan internet yang dapat diakses oleh banyak perangkat, seperti Smartphone, Laptop, dan hal lainnya.
3.      Measured Serviced
Layanan untuk mengoptimasi dan memonitor layanan yang dipakai secara otomatis.
4.      Rapid Elasticity
Layanan cloud provider yang dipakai oleh cloud consumer secara dinamis berdasarkan kebutuhan.
5.      Self Service
Cloud consumer bisa mengkonfigurasikan secara mandiri atau dengan diri sendiri yang ingin digunakan untuk menjadi sebuah sistem, tanpa ada bantuan dari pihak cloud provider.
Layanan Cloud Computing :
1.      Software as a Service (SaaS)
Layanan dari cloud computing yang dimana consumer dapat menggunakan berbagai macam software yang disedaikan oleh cloud provider.
Contohnya :
-          Email
-          Social Network
-          Instant Messaging
2.      Platform as a Service (PaaS)
Layanan ini dapat disebut dengan server, dimana consumer dapat menggunakan platform yang sudah disediakan, seperti sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dll.
Contohnya :
-          Amazon Web Services
-          Windows Azure
-          GoogleApp Engine
3.      Insfrastucture as a Service (IaaS)
Layanan cloud computing yang dimana kita dapat menggunakan dengan cara menyewa sebuah infrastruktur IT seperti unit komputasi, storage, memory, network, dan lainnya.
Contohnya :
-          Amazon EC2
-          Rackspace Cloude

PENERAPAN CLOUD COMPUTING
“Pada Bidang Kedokteran di Indonesia”


Pada bidang kedokteran atau kesehatan di Indonesia juga diperlukan penggunaan teknologi yang sangat memadai dalam hal teknologi informasi berbasis cloud computing. Seperti halnya pengembangan “Telemedicine”, yakni pelayan kesehatan jarak jauh. Berarti layanan pengobatan ini mencakup semua bentuk pengobatan yang memanfaatkan media, dimana pasien dan dokter dapat berkomunikasi tanpa bertatap muka, dapat menggunakan internet yang sudah disediakan, pasien dapat berkeluh kesah tentang penyakit yang dideritanya. Telemedicine didefinisikan juga sebagai transfer data medis elektronik dari satu lokasi ke lokasi lainnya secara via online.

Telemedicine dapat dikatakan sebagai alat yang dapat membantu banyak orang dengan beragam masalah kesehatan yang diderita oleh pasien. Sangat bermanfaat teknologi ini ditawarkan untuk masyarakat luas untuk menggunankan Telemedicine. Teknologi ini dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga yang berarti pasien tidak perlu datang untuk mengecek kesehatannya, cukup dengan memanfaatkan teknologi ini informasi seperti e-mail dan video conference, atau teknologi lainnya.

Manfaat lainnya yaitu mengatasi persebaran tnaga media atau ahli kesehatan, dokter yang professional yang pesebarannya tidak merata ke penjuru Indonesia, dengan Telemedicine pasien dapat berkomunikasi dengan dokter yang professional yang ahli pada bidang kesehatan.

Namun tidak mungkin teknologi ini dapat menimbulkan resiko kejahatan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan Cyber Crime. Misalkan pengguna Telemedicine ini berkedok untuk menipu yang nantinya dapat merugikan pihak lain. Hal-hal seperti ini ditekankan untuk melakukan security yang sangat baik pada pengguna cloud computing ini. Namun satu yang dapat diambil, banyak orang yang sangat antusias pada teknologi Cloud Computing ini, namun kita sebagai pengguna harus dapat menghitung kemungkinan kegagalan yang dapat terjadi diluar kendali kita, karena tidak semua teknologi berjalan dengan lancar, sekalipun berbasis internet.

Sumber :


0 comments:

Posting Komentar

Tombol Follow

Twitter

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
spell to my name : di, ai, ei, es, Dias
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts