Kamis, 23 Juni 2016

Dias Puja Prayoga Male Indonesia diaspuja03@gmail.com
Grafik Komputer 2 VSD (Visible Surface Determination)

Nama Anggota Kelompok :
1.     Dias Puja Prayoga (52413404)
2.     Dimas Rizki Setiananda (524133516)
3.     Ichsan Perdana Putra (54413193)
4.     Joko Wahyu Prasetyo Dewo (54413671)
5.     Yehezkiel Christhoperson (59413420)
    Kelas : 3IA13


Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai Visible Surface Determination (VSD) atau Hidden Surface Removal (HSR), kedua metode sebenarnya membahas konsep yang sama. VSD membahas mengenai cara menampilkan semua permukaan yang terlihat (menghadap ke depan, atau tidak tertutup objek lain), HSR membahas mengenai cara menghilangkan semua permukaan yang tidak terlihat (menghadap ke belakang atau tertutup objek lain).
Sehingga dalam pemrosesan grafik 3D menjadi lebih cepat karena semua permukaan yang tidak terlihat tidak perlu diproses, tetapi tidak boleh menghapus permukaan tersebut.
Kami membuat mengimplementasikan VSD atau HSR dengan membuat 2 buah objek yang bersinggungan yaitu cangkir dan kain dengan menggunakan aplikasi blender. Berikut adalah beberapa tampilan yang diambil dari sudut-sudut yang berbeda
Depan, pada sudut ini cangkir dan kain terlihat tidak utuh. Cangkir hanya terlihat bagian depannya (VSD) saja sedangkan bagian belakang tertutup oleh kain (HSR), dan kain hanya terlihat sebagian saja seperti bagian yang berada di dalam cangkir, karena cangkir terbuat dari kaca.



Samping, pada sudut ini cangkir hanya terlihat sedikit yaitu bagian depan saja (VSD), mulai dari bagian tengah cangkir sampai ke belakang tertutup oleh kain sehingga tidak terlihat (HSR). Bagian kain disini terlihat lebih banyak, hampir seluruh bagian dapat terlihat hanya bagian tertentu yang tidak terlihat karena sudut pandang berada di samping.

Belakang, pada sudut ini cangkir seluruhnya tidak terlihat (HSR) karena tertutup oleh kain, sehingga disini kain hampir terlihat semua (VSD) hanya bagian kain di dalam cangkir saja yang tidak terlihat. Pencahayaanpun terlihat gelap karena cahaya diletakkan di depan cangkir.


Atas, pada sudut ini semua bagian dari kain dapat terlihat jelas (VSD), tetapi cangkir hanya terlihat setengahnya saja (HSR) karena tertutup oleh kain diatasnya. Pencahayaan pun disini lebih baik karena cahaya dapat menerangi hampir seluruh bagian dari cangkir dan kain.

Berikut ini adalah hasil akhir dari render, yang diambil dari samping dan sedikit mengadah ke bawah.





0 comments:

Posting Komentar

Tombol Follow

Twitter

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
spell to my name : di, ai, ei, es, Dias
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts